Pandai Besi Rekaman di Lokananta

Lokananta adalah sejarah dan Efek Rumah Kaca yang bermutasi menjadi Pandai Besi ingin menorehkan secuil sejarah di tempat itu. Sebagai salah satu perusahaan rekaman/label musik pertama di Indonesia yang berdiri pada 1956 di Solo, Lokananta pernah mengalami zaman keemasan memproduksi piringan hitam dan kaset. Ruangan arsip mereka kini masih menyimpan ribuan lagu daerah dari seluruh Indonesia dan juga rekaman pidato-pidato kenegaraan Presiden Soekarno.

Nama “Lokananta” diberikan oleh presiden pertama kita. Artinya, ‘gamelan di kahyangan yang berbunyi tanpa penabuh’. Dengan akustik ruangan tua studio legendaris berukuran 14×31 meter itu, Pandai Besi terinspirasi untuk melakukan sesi rekaman di sana. Sembilan lagu dari album pertama dan album kedua Efek Rumah Kaca akan dimainkan oleh Pandai Besi dan direkam secara live di Lokananta pada 9—12 Maret 2013. Hasilnya akan dirilis dalam bentuk piringan hitam, kaset, dan CD.

Pandai Besi beranggotakan personel Efek Rumah Kaca, yaitu Cholil Mahmud (vokal, gitar) dan Akbar Bagus Sudibyo (drum, vokal latar); ditambah additional player tetap saat di panggung yakni Airil “Poppie” Nurabadiansyah (bas, vokal latar); serta didukung Andi “Hans” Sabarudin (gitar), Muhammad Asranur (piano), Agustinus Panji Mahardika (terompet), dan Nastasha Abigail (vokal latar). Proyek ini dimulai dengan beberapa latihan di studio sejak bulan puasa tahun lalu. Di tengah kesibukan Efek Rumah Kaca merampungkan album ketiga, Pandai Besi mulai serius menggarap proyek spesial yang awalnya hanya iseng untuk melepaskan kebosanan setiap membawakan lagu-lagu di album Efek Rumah Kaca (2007) dan Kamar Gelap (2008). Mereka mencoba bersenang-senang dengan menempa lagu-lagu lama Efek Rumah Kaca dengan interpretasi baru, menyuntikkan warna segar yang berbeda dari patron biasa. Sementara itu, Efek Rumah Kaca masih tetap beranggotakan Cholil Mahmud (vokal, gitar), Adrian Yunan Faisal (bas, vokal latar), dan Akbar Bagus Sudibyo (drum, vokal latar). Itulah tiga personel yang tersisa dari perjalanan musik mereka sejak 2001.

Setlist Lokananta

Jika diibaratkan sebuah kisah dongeng, rekaman live di Lokananta menandakan Pandai Besi melakukan satu perjalanan historis memasuki lorong waktu. Mereka menempa kembali besi-besinya, mencetak karya tepat di sebuah tempat yang konon pada masanya banyak melahirkan ksatria bertalenta. Inilah titik tolak industri rekaman di Indonesia. Sembilan lagu Efek Rumah Kaca yang akan direkam Pandai Besi melalui napak tilas ini sebagai berikut.
1.    “Hujan Jangan Marah”
2.    “Menjadi Indonesia”
3.    “Di Udara”
4.    “Melankolia”
5.    “Jangan Bakar Buku”
6.    “Laki-laki Pemalu”
7.    “Debu-debu Berterbangan”
8.    “Jalang”
9.    “Desember”

Crowdfunding

Produksi rekaman proyek album spesial Pandai Besi menghabiskan biaya tidak sedikit. Hal itu membuat kami merasa bahwa pendanaan oleh khalayak (crowdfunding) merupakan jalan terbaik untuk mewujudkan album di bawah community label. Diharapkan, album ini kelak menjadi salah satu katalog sejarah bagi perpustakaan musik di Indonesia. Dengan ini, kami mengajak teman-teman ikut berpartisipasi membantu kami dengan rincian reward berikut.

1. Dukung dengan Rp. 60.000, Anda akan mendapatkan kaset Pandai Besi dan foto Pandai Besi yang akan didistribusikan pada April 2013. Cover kaset ini tersedia secara terbatas, yaitu 200 buah.

 

 


2. Dukung dengan Rp. 150.000, Anda akan mendapatkan CD dan kaus Pandai Besi yang akan didistribusikan April 2013. Cover CD bertanda tangan personel Pandai Besi dan desain kaus terbatas sebanyak 500 buah.

 

 


3. Dukung dengan Rp. 350.000, Anda akan mendapatkan kaset, CD, kaus, dan vinyl 7-inch dengan lagu berjudul “Desember” versi Efek Rumah Kaca dan versi Pandai Besi yang akan didistribusikan pada April 2013. Sementara itu, khusus vinyl yang dimaksud di sini akan didistribusikan tiga bulan setelah rekaman. Cover CD bertanda tangan personel dan desain kaus terbatas sebanyak 300 buah

 

 


4. Dukung dengan Rp. 700.000, Anda akan mendapatkan kaset, CD, kaus, totebag, album foto, dan vinyl 12-inch setlist Pandai Besi yang akan didistribusikan pada April 2013. Sementara itu, khusus untuk vinyl yang dimaksud di sini akan didistribusikan empat bulan setelah rekaman. Selain itu, Anda juga mendapatkan voice over greetings di CD dari personel, cover CD bertanda tangan personel, desain totebag dan kaus terbatas sebanyak 300 buah.

 

 


5. Dukung dengan Rp. 5.000.000, Anda akan mendapatkan kaset, CD, kaus, totebag, album foto, dan vinyl 12-inch setlist Pandai Besi yang akan didistribusikan pada April 2013. Sementara itu, khusus vinyl yang dimaksud di sini akan didistribusikan empat bulan setelah rekaman. Selain itu, Anda juga mendapat cover CD bertanda tangan personel, desain totebag dan kaus terbatas. Anda pun dapat ikut dalam rombongan Pandai Besi, termasuk turut serta dalam proses rekaman sebagai backsound di Lokananta (Akomodasi, konsumsi dan transportasi bis dari Jakarta ke Solo ditanggung panitia). Dukungan itu terbatas untuk 10 orang.

 

 


6. Dukung dengan Rp. 10.000.000, Anda akan mendapatkan kaset, CD, kaus, totebag, dan private acoustic session Pandai Besi dalam acara ulang tahun atau lainnya (sesuai dengan kesepakatan). Dukungan itu terbatas untuk 5 orang.

 


T-Shirt Size Chart

#SMLXLXXLXXXL
Lebar454851545759
Tinggi687073767778

Cara berpartisipasi

1.    Pilih paket dukungan.
2.    Transfer sesuai paket dukungan ke rekening yang sudah ditentukan (tercantum).
3.    Kirimkan bukti transfer ke [email protected]
4.    Kirimkan data diri dan alamat beserta foto ke email Efek Rumah Kaca.
5.    Sertakan ukuran kaus (bila memilih paket itu).
6.    Dukungan akan ditutup sampai 19 Maret 2013, khusus dukungan yang masuk dalam rombongan akan ditutup pada 7 Maret 2013.
7.    Semua sudah termasuk ongkos kirim.

Catatan
1.    Nama semua pendukung akan tercantum tertulis dan atau voice over dalam CD (tergantung pilihan dukungan).
2.    Semua pendukung mendapatkan serpihan benda bersejarah yang digunakan personel Pandai Besi selama rekaman.
3.    Foto semua pendukung akan ditampilkan dalam website www.efekrumahkaca.net.
4.   Apabila karena satu dan lain hal, rekaman tersebut gagal, maka dana dukungan yang telah diberikan akan dikembalikan tanpa dikenakan potongan biaya.
5.    Untuk menunjang proses tersebut diatas (no.4) dibutuhkan data diri, nomer rekening bank setiap pendukung.
6.    Informasi data pribadi yang sudah dikirimkan tidak akan kami berikan kepada pihak ketiga.

Transfer dukungan ke
Rekening BCA     : 221-121-8942 a.n. Cholil Mahmud
Rekening Mandiri    : 164-0000-562928 a.n. Cholil Mahmud

Untuk informasi lebih lanjut, silakan kontak:
Yurie: 081399241499
email: [email protected] atau [email protected]

Kirim Tanggapan