Pandai Besi 'Daur, Baur'

Wednesday, 29 May 2013 11:55 | Read 43378 times | 
Pandai Besi 'Daur, Baur'

Ditulis oleh : Rossi Rahardian -

Pandai Besi adalah sebuah kolektif musik hasil mutasi dari band Efek Rumah Kaca . Pada bulan Maret 2013 lalu, mereka baru saja menyelesaikan sesi rekaman ‘Live’ di Studio Legendaris Lokananta Solo, dan telah menelurkan sebuah album bertajuk ‘Daur Baur’.  Album ini berisi sembilan lagu terpilih dari dua album milik Efek Rumah Kaca. Pandai Besi mengaransemen dan menempa ulang  kesembilan lagu tersebut menjadi sebuah komposisi musik yang lebih kompleks, menyuguhkan intrepertasi baru yang  sama sekali berbeda dari corak musik asli milik Efek Rumah Kaca.

Lahirnya Pandai Besi dimulai dari Joyland Fest (Juni 2012). Saat itu Efek Rumah Kaca memainkan  format musik yang lebih ramai karena diperkuat  oleh beberapa teman musisi, mereka adalah Poppie Airil (Bas), Andi Hans Sabarudin (Gitar), Muhammad Asranur (Piano), dan Agustinus Panji Mardika (Trumpet/Flute). Nama Pandai Besi secara resmi dipakai ketika mereka tampil di “ Superbad Vol.45” di bulan November 2012. Superbad adalah sebuah pagelaran musik bulanan yang menampilkan band –band  potensial dari Jakarta dan kota –kota lain,  diadakan secara rutin di The Jaya Pub oleh Indra Ameng dan Keke Tumbuan ( The Secret Agents ).

Jam terbang manggung yang cukup tinggi ditambah kondisi kesehatan Adrian yang tak kunjung sembuh sedikit menghambat kelancaran penyelesaian album ke-3 Efek Rumah Kaca, akan tetapi hal ini tidak sedikitpun menyurutkan kreatifitas  Cholil dan Akbar untuk terus bermain musik, mereka berusaha mencari berbagai cara untuk menolak kebosanan.  

Keterbatasan skill bermusik, rutinitas pekerjaan kantor dan kondisi kesehatan Adrian justru memicu Cholil dan Akbar untuk mencari celah  yang paling tepat agar bisa terus berkarya.  Seolah ingin menantang diri sendiri, mereka mengajak  keempat kawan musisi yang memang sengaja dipilih memiliki latar belakang dan selera musik yang berbeda untuk mendaur ulang lagu – lagu Efek Rumah Kaca.  Dari proses inilah Cholil dan Akbar berharap mampu menemukan inspirasi baru sekaligus energi segar dalam bermusik.  

Dua kali seminggu selama berbulan – bulan berlatih didalam studio secara rutin, mereka akhirnya berhasil menempa sembilan lagu terpilih dari dua album Efek Rumah Kaca,  dan seiring berjalannya waktu, amunisi formasi ini juga semakin bertambah dengan bergabungnya Nastasha Abigail, Irma Hidayana, dan Monica Hapsari pada divisi vokal.

Sembilan lagu Efek Rumah Kaca yang telah di daur ulang ke dalam album 'Daur Baur' adalah :

1.   "Hujan Jangan Marah"
2.    "Menjadi Indonesia"
3.    "Debu-debu Berterbangan"
4.    "Desember"
5.    "Melankolia"
6.    "Laki-laki Pemalu"
7.    "Jalang"
8.    "Di Udara"
9.    "Jangan Bakar Buku"

Bulan Maret 2013 Pandai Besi sukses merekam kesembilan lagu tersebut di Studio legendaris Lokananta dimana pembiayaannya menggunakan sistem patungan oleh khalayak ( Crowdfunding ).  Setiap pendukung mendapatkan berbagai reward album hasil rekaman Pandai Besi di lokananta tersebut berupa  merchandise t-shirt dan rilisan fisik album seperti kaset, cakram padat, atau piringan hitam, sesuai dengan berapa besar paket dukungannya. Tanggal 29 Juni 2013 Demajors Record akhirnya secara resmi merilis album Daur Baur, hal tersebut dikarenakan masih banyaknya permintaan dari khalayak yang ingin memiliki rilisan fisik album ini dan sekaligus memberikan kesempatan bagi mereka yang melewatkan program crowdfunding  untuk memiliki album Daur Baur.

Klik disini untuk mengunduh album Daur Baur dalam format Mp3.

 

 

 

Media

42 comments

  • Comment Link Uchan Friday, 20 September 2013 14:16 posted by Uchan

    Gokil banget, merinding ane gan denger yang "Di Udara"

  • Comment Link abram Saturday, 14 September 2013 08:31 posted by abram

    kenapa setiap comment di FB atau di Blog/web tidak pernah di bls? untuk mendekatkan dengan fans sebaiknya admin haruslah active... supaya kami seperti di hargai.. sedikit masukan... thanks :-) selamatkan indonesia... God Bless

  • Comment Link verve Monday, 09 September 2013 19:03 posted by verve

    Menjadi Indonesia ... so great!

  • Comment Link adkur92 Thursday, 01 August 2013 20:32 posted by adkur92

    ahhh gilaa keren vroh.. kapan albumnya keluar ??

  • Comment Link Aditya Setiawan Wednesday, 31 July 2013 12:34 posted by Aditya Setiawan

    Salute dengan apa yg kalian ciptakan!

  • Comment Link Boristyo Monday, 29 July 2013 19:46 posted by Boristyo

    Gue denger tiap hari buffer sampe 3x
    Awesome ERK

  • Comment Link hendra sandi nugraha Friday, 26 July 2013 19:28 posted by hendra sandi nugraha

    kereeeeen

  • Comment Link kevin kurniawan Thursday, 25 July 2013 00:31 posted by kevin kurniawan

    keren :'(

  • Comment Link zainudin Tuesday, 23 July 2013 23:31 posted by zainudin

    kapan albumnya dikelarin?

  • Comment Link zainudin Tuesday, 23 July 2013 23:21 posted by zainudin

    mantap aransementy

  • Comment Link muhamad ridwan Tuesday, 16 July 2013 19:52 posted by muhamad ridwan

    KEREN.. salut \M/

  • Comment Link AVA Thursday, 27 June 2013 20:22 posted by AVA

    Neraka brooww

  • Comment Link Ardi Yulian Wednesday, 26 June 2013 21:07 posted by Ardi Yulian

    satu kata buat album ini,,, KEREN!!!

  • Comment Link Firman Wednesday, 26 June 2013 10:44 posted by Firman

    Ajaib

  • Comment Link Fathan Tuesday, 25 June 2013 15:06 posted by Fathan

    ya Tuhan, semoga minggu depan CD-nya sudah rilis, amin

  • Comment Link ramdan maryan Friday, 21 June 2013 10:58 posted by ramdan maryan

    mengharukan

  • Comment Link Febriansyah Thursday, 20 June 2013 09:33 posted by Febriansyah

    merinding!

  • Comment Link Oncom Saturday, 15 June 2013 20:22 posted by Oncom

    CERDAS karanya.!!!

  • Comment Link ade irawan Tuesday, 11 June 2013 14:39 posted by ade irawan

    oke oke

  • Comment Link Anonim Sunday, 09 June 2013 18:09 posted by Anonim

    INDAH DAN BERKELAS! :) Ditunggu CD-nya.

  • Comment Link cew Friday, 07 June 2013 00:27 posted by cew

    asli gilaaaak ,, klo di compare seperti melihat dari sisi positive dan sisi negative .. berbeda tapi one think

  • Comment Link pediaspora Thursday, 06 June 2013 13:58 posted by pediaspora

    hingar bingar, memilukan, bahagia, sedih, terkesima, murung, terkejut, senang, duka, luka dan semuanya....

  • Comment Link decky Thursday, 06 June 2013 12:58 posted by decky

    musik nya nambah dewasa :D

  • Comment Link mirna andriani Thursday, 06 June 2013 08:56 posted by mirna andriani

    keren banget (y)

  • Comment Link KHRISNA VIRTIANA ZWIZZA PIZIZA Wednesday, 05 June 2013 17:15 posted by KHRISNA VIRTIANA ZWIZZA PIZIZA

    sip saya siap memburu albumnya...

  • Comment Link Lambank Wednesday, 05 June 2013 11:50 posted by Lambank

    Cerdas Berkarakter ! KEREN !

  • Comment Link Aji Satoto Jati Wednesday, 05 June 2013 11:30 posted by Aji Satoto Jati

    Ini yang di namakan "Lagu Bagus"

  • Comment Link Aruma Monday, 03 June 2013 22:14 posted by Aruma

    mantappppppp

  • Comment Link ayudha Monday, 03 June 2013 13:50 posted by ayudha

    keren x)

  • Comment Link Agung Wibowo Ibrahim Saturday, 01 June 2013 02:42 posted by Agung Wibowo Ibrahim

    keep it up

  • Comment Link danunamanya Friday, 31 May 2013 08:39 posted by danunamanya

    mantap :D

  • Comment Link Penggemar Thursday, 30 May 2013 23:32 posted by Penggemar

    Keren.........................
    Kemarin telat gak ikutan crowdfundingnya............ ditunggu pre order albumnya top

  • Comment Link Ahmed Sohieb Thursday, 30 May 2013 09:47 posted by Ahmed Sohieb

    GAK SABARRR !!
    Releaseeee

  • Comment Link Bandi Fans ERK Wednesday, 29 May 2013 22:49 posted by Bandi Fans ERK

    (y)

  • Comment Link Guido Wednesday, 29 May 2013 19:28 posted by Guido

    Kalo di radio lagu2 ERK paling ditunggu..

  • Comment Link MO2PKU Wednesday, 29 May 2013 17:23 posted by MO2PKU

    saya sempet meragukan bakal kayak gimana jadinya, tapi sekarang malah ga sabar nunggu album kedua Pandai Besi. beautiful!

  • Comment Link Farrasy Wednesday, 29 May 2013 16:58 posted by Farrasy

    sinting. di luar dugaan! keren pake banget

  • Comment Link ryan Wednesday, 29 May 2013 16:50 posted by ryan

    nyesel banget ga ikut crowdfundingnya huhu dan dari kemarin nanya2 bakal ada atw enggak album fisiknya, akhirnyaa.., semoga lancar ya perilisan cd nya!

  • Comment Link masdew Wednesday, 29 May 2013 16:20 posted by masdew

    JENIUS