Sebuah Album Kompilasi Remix Efek Rumah Kaca

Monday, 01 April 2013 16:27 | Read 18249 times | 
Sebuah Album Kompilasi Remix Efek Rumah Kaca

- Ditulis oleh : Adrian Yunan Faisal - Diedit oleh : Amalia Puri Handayani -

 

ERK RMX: Seperti Mendengarkan Lagu Baru

Dalam waktu dekat ini, album kompilasi remix lagu-lagu Efek Rumah Kaca akan dirilis. Album itu berisikan sekumpulan karya remix dan remake dari 12 track album Efek Rumah Kaca yang dibuat oleh teman-teman musisi. Para musisi itu adalah Sajamacut, LMS X 303, Cacat Nada, Aghi Narottama, Zeke Khaseli, Adit Bujbunen Al-Buse, Bottlesmoker, The Voyagers, Belkastrelka, Lulls, Jay Beathustlers, dan Bima G.

Menyimak karya-karya remix dari lagu-lagu Efek Rumah Kaca memberikan pengalaman baru. Setiap menerima materi rekaman yang terkumpul sedikit demi sedikit melalui Harlan dan Yuri, saya selalu merasa seperti menerima sebuah paket hadiah. Ternyata, tidak mudah melepaskan diri dari ekspektasi saya sendiri. Sejujurnya, hal itu terjadi bukan karena saya berharap setiap karya bisa mewakili interpretasi saya sendiri, justru sebaliknya. Saya sangat menikmati proses mendengarkan, mencerna, meraba-raba, dan mencoba membuat kesimpulan sendiri, bahkan saat saya belum mengerti maksud lagu itu sama sekali. Kini, saya bersuka cita karena sebagian besar track pada album itu bisa saya nikmati seperti mendengarkan lagu baru.

Hal lain yang sangat menarik adalah betapa saya sangat menikmati keragaman karakter dan pergantian mood dari track demi track yang membuat cakupan album ini sangat lebar tanpa kehilangan greget. Saya baru mengerti alasan album kompilasi remix layak untuk disimak. Mereka menginterpretasikan setiap tema dari versi asli dengan cara yang berbeda-beda, merombak part demi part, membuang sesuatu, dan menggantikannya dengan detil-detil suara lain yang imajinatif. Kompleksitas dan kekosongan pada sebuah part terasa sangat tematik, tak lagi hanya sekadar mengisi kuota rhythm dan beat yang ada. Saya pun larut dalam berbagai suasana: dalam arena clubbing, menonton film pelajaran sains, atau film dokumenter. Beberapa track yang lain, seperti “Insomnia” dan “Jatuh Cinta Itu Biasa Saja”, juga sukses membawa suasana kegelapan dan keterasingan yang lebih pekat dan lebih purba dari versi asli. Apresiasi menjadi begitu personal terlepas saya memang mengenal mereka atau bahkan belum sama sekali.

Mengingat album remix, ingatan saya kembali pada No Protection dan Telegram dari Massive Attack dan Bjork. Saya merasa beruntung sempat menyimak dua album remix dengan tema yang kuat dan sangat menarik pada masanya. Saat ini, saya pun merasa beruntung karena sekumpulan komposisi sarat tema ada dalam album kompilasi remix Efek Rumah Kaca.

Untuk mendengarkannya lagi, saat ini saya sedang berpikir untuk membeli headphone baru agar bisa lebih menikmati hidup.


Unduh Album ERK RMX dalam format Mp3 disini

3 comments

  • Comment Link boyo Friday, 24 May 2013 11:57 posted by boyo

    Kapan rilisnyaaa?

  • Comment Link joan Saturday, 20 April 2013 14:03 posted by joan

    more efek pliss...

  • Comment Link Shadow47 Thursday, 18 April 2013 22:43 posted by Shadow47

    gw kira album remix yang dimaksud itu Pandai Besi, ternyata kompilasi toh. keren keren

comments powered by Disqus
Login to post comments