CROWDFUNDING : Pandai Besi Rekaman di Lokananta

Tuesday, 19 February 2013 07:46 | Read 46121 times | 
CROWDFUNDING : Pandai Besi Rekaman di Lokananta

Pandai Besi Rekaman di Lokananta

Lokananta adalah sejarah dan Efek Rumah Kaca yang bermutasi menjadi Pandai Besi ingin menorehkan secuil sejarah di tempat itu. Sebagai salah satu perusahaan rekaman/label musik pertama di Indonesia yang berdiri pada 1956 di Solo, Lokananta pernah mengalami zaman keemasan memproduksi piringan hitam dan kaset. Ruangan arsip mereka kini masih menyimpan ribuan lagu daerah dari seluruh Indonesia dan juga rekaman pidato-pidato kenegaraan Presiden Soekarno.

Nama “Lokananta” diberikan oleh presiden pertama kita. Artinya, ‘gamelan di kahyangan yang berbunyi tanpa penabuh’. Dengan akustik ruangan tua studio legendaris berukuran 14x31 meter itu, Pandai Besi terinspirasi untuk melakukan sesi rekaman di sana. Sembilan lagu dari album pertama dan album kedua Efek Rumah Kaca akan dimainkan oleh Pandai Besi dan direkam secara live di Lokananta pada 9—12 Maret 2013. Hasilnya akan dirilis dalam bentuk piringan hitam, kaset, dan CD.

Pandai Besi beranggotakan personel Efek Rumah Kaca, yaitu Cholil Mahmud (vokal, gitar) dan Akbar Bagus Sudibyo (drum, vokal latar); ditambah additional player tetap saat di panggung yakni Airil "Poppie" Nurabadiansyah (bas, vokal latar); serta didukung Andi "Hans" Sabarudin (gitar), Muhammad Asranur (piano), Agustinus Panji Mahardika (terompet), dan Nastasha Abigail (vokal latar). Proyek ini dimulai dengan beberapa latihan di studio sejak bulan puasa tahun lalu. Di tengah kesibukan Efek Rumah Kaca merampungkan album ketiga, Pandai Besi mulai serius menggarap proyek spesial yang awalnya hanya iseng untuk melepaskan kebosanan setiap membawakan lagu-lagu di album Efek Rumah Kaca (2007) dan Kamar Gelap (2008). Mereka mencoba bersenang-senang dengan menempa lagu-lagu lama Efek Rumah Kaca dengan interpretasi baru, menyuntikkan warna segar yang berbeda dari patron biasa. Sementara itu, Efek Rumah Kaca masih tetap beranggotakan Cholil Mahmud (vokal, gitar), Adrian Yunan Faisal (bas, vokal latar), dan Akbar Bagus Sudibyo (drum, vokal latar). Itulah tiga personel yang tersisa dari perjalanan musik mereka sejak 2001.


Setlist Lokananta


Jika diibaratkan sebuah kisah dongeng, rekaman live di Lokananta menandakan Pandai Besi melakukan satu perjalanan historis memasuki lorong waktu. Mereka menempa kembali besi-besinya, mencetak karya tepat di sebuah tempat yang konon pada masanya banyak melahirkan ksatria bertalenta. Inilah titik tolak industri rekaman di Indonesia. Sembilan lagu Efek Rumah Kaca yang akan direkam Pandai Besi melalui napak tilas ini sebagai berikut.
1.    "Hujan Jangan Marah"
2.    "Menjadi Indonesia"
3.    "Di Udara"
4.    "Melankolia"
5.    "Jangan Bakar Buku"
6.    "Laki-laki Pemalu"
7.    "Debu-debu Berterbangan"
8.    "Jalang"
9.    "Desember"



Crowdfunding


Produksi rekaman proyek album spesial Pandai Besi menghabiskan biaya tidak sedikit. Hal itu membuat kami merasa bahwa pendanaan oleh khalayak (crowdfunding) merupakan jalan terbaik untuk mewujudkan album di bawah community label. Diharapkan, album ini kelak menjadi salah satu katalog sejarah bagi perpustakaan musik di Indonesia. Dengan ini, kami mengajak teman-teman ikut berpartisipasi membantu kami dengan rincian reward berikut.



1. Dukung dengan Rp. 60.000, Anda akan mendapatkan kaset Pandai Besi dan foto Pandai Besi yang akan didistribusikan pada April 2013. Cover kaset ini tersedia secara terbatas, yaitu 200 buah.

 

 


2. Dukung dengan Rp. 150.000, Anda akan mendapatkan CD dan kaus Pandai Besi yang akan didistribusikan April 2013. Cover CD bertanda tangan personel Pandai Besi dan desain kaus terbatas sebanyak 500 buah.

 

 


3. Dukung dengan Rp. 350.000, Anda akan mendapatkan kaset, CD, kaus, dan vinyl 7-inch dengan lagu berjudul “Desember” versi Efek Rumah Kaca dan versi Pandai Besi yang akan didistribusikan pada April 2013. Sementara itu, khusus vinyl yang dimaksud di sini akan didistribusikan tiga bulan setelah rekaman. Cover CD bertanda tangan personel dan desain kaus terbatas sebanyak 300 buah

 

 


4. Dukung dengan Rp. 700.000, Anda akan mendapatkan kaset, CD, kaus, totebag, album foto, dan vinyl 12-inch setlist Pandai Besi yang akan didistribusikan pada April 2013. Sementara itu, khusus untuk vinyl yang dimaksud di sini akan didistribusikan empat bulan setelah rekaman. Selain itu, Anda juga mendapatkan voice over greetings di CD dari personel, cover CD bertanda tangan personel, desain totebag dan kaus terbatas sebanyak 300 buah.

 

 


5. Dukung dengan Rp. 5.000.000, Anda akan mendapatkan kaset, CD, kaus, totebag, album foto, dan vinyl 12-inch setlist Pandai Besi yang akan didistribusikan pada April 2013. Sementara itu, khusus vinyl yang dimaksud di sini akan didistribusikan empat bulan setelah rekaman. Selain itu, Anda juga mendapat cover CD bertanda tangan personel, desain totebag dan kaus terbatas. Anda pun dapat ikut dalam rombongan Pandai Besi, termasuk turut serta dalam proses rekaman sebagai backsound di Lokananta (Akomodasi, konsumsi dan transportasi bis dari Jakarta ke Solo ditanggung panitia). Dukungan itu terbatas untuk 10 orang.

 

 


6. Dukung dengan Rp. 10.000.000, Anda akan mendapatkan kaset, CD, kaus, totebag, dan private acoustic session Pandai Besi dalam acara ulang tahun atau lainnya (sesuai dengan kesepakatan). Dukungan itu terbatas untuk 5 orang.

 


T-Shirt Size Chart

#SMLXLXXLXXXL
Lebar 45 48 51 54 57 59
Tinggi 68 70 73 76 77 78

Cara berpartisipasi


1.    Pilih paket dukungan.
2.    Transfer sesuai paket dukungan ke rekening yang sudah ditentukan (tercantum).
3.    Kirimkan bukti transfer ke This email address is being protected from spambots. You need JavaScript enabled to view it..
4.    Kirimkan data diri dan alamat beserta foto ke email Efek Rumah Kaca.
5.    Sertakan ukuran kaus (bila memilih paket itu).
6.    Dukungan akan ditutup sampai 19 Maret 2013, khusus dukungan yang masuk dalam rombongan akan ditutup pada 7 Maret 2013.
7.    Semua sudah termasuk ongkos kirim.


Catatan
1.    Nama semua pendukung akan tercantum tertulis dan atau voice over dalam CD (tergantung pilihan dukungan).
2.    Semua pendukung mendapatkan serpihan benda bersejarah yang digunakan personel Pandai Besi selama rekaman.
3.    Foto semua pendukung akan ditampilkan dalam website www.efekrumahkaca.net.
4.   Apabila karena satu dan lain hal, rekaman tersebut gagal, maka dana dukungan yang telah diberikan akan dikembalikan tanpa dikenakan potongan biaya.
5.    Untuk menunjang proses tersebut diatas (no.4) dibutuhkan data diri, nomer rekening bank setiap pendukung.
6.    Informasi data pribadi yang sudah dikirimkan tidak akan kami berikan kepada pihak ketiga.


Transfer dukungan ke
Rekening BCA     : 221-121-8942 a.n. Cholil Mahmud
Rekening Mandiri    : 164-0000-562928 a.n. Cholil Mahmud

Untuk informasi lebih lanjut, silakan kontak:
Yurie: 081399241499
email: This email address is being protected from spambots. You need JavaScript enabled to view it. atau This email address is being protected from spambots. You need JavaScript enabled to view it.


45 comments

  • Comment Link tatakan_oncom Tuesday, 27 August 2013 02:01 posted by tatakan_oncom

    Yang penting ERK punya karya dan sejarah buat Indonesia.

    sukses ERK

    to: mimin
    mending di apusin min komen2 sebelumnya biar fresh (Y)

  • Comment Link Awaluddin Abdussalam Monday, 08 July 2013 14:52 posted by Awaluddin Abdussalam

    Apa pun pro kontra tentang Lokananta, ERK, Pandai Besi dan "crowdfunding"...saya menyesal tidak ikut terlibat. Tidak ada salahnya dong...kita ikut kebagian juga menikmatinya. Jadi...dengan izin para pendonor...apakah dimungkinkan khalayak ramai juga boleh menikmati CD dan kaos-kaosnya yang bukan main apiknya! Maju terus ERK!

  • Comment Link mo2pku Thursday, 25 April 2013 22:13 posted by mo2pku

    menurut saya pribadi aransemen pandai besi ini menarik, saya sangat excited ketika mendengar lagu ERK akan diaransemen ulang dengan memakai nama pseudonim.
    seperti yang cholil pernah bilang, dia ga mau orang2 berekspektasi terlalu besar dan berharap lagu2nya bakal familiar dengan lagu ERK sebelumnya. awalnya saya ga percaya ada fans ERK yang kurang setuju dengan adanya proyek Pandai Besi ini, tapi setelah melihat 1-2 komentar disini bisa sedikit dimengerti lah.

    saya fans ERK, tapi lebih cenderung ke fans mas cholil sendiri. saya mengagumi karya2 ciptaan cholil termasuk Pandai Besi ini.

  • Comment Link lutfiyansyah Friday, 19 April 2013 00:08 posted by lutfiyansyah

    ane telat daftar, barusan aja regritasi buat pandai besi. mudah'an diterima. amin. goodluck buat program ERK saat ini. :)

  • Comment Link Radio Ear Tuesday, 02 April 2013 23:47 posted by Radio Ear

    Aransemennya norak euy!
    seharusnya si cholil buat band projek jangan bawa-bawa nama"ERK", gw fansnya "ERK " bukan "PANDAI BESI", jadi maaf gw gak bisa bantu.

    Maaf sekedar wujud kekesalan seorang penggemar anda.

  • Comment Link anombayu Thursday, 21 March 2013 11:01 posted by anombayu

    telat tahu :(

  • Comment Link oka risna Tuesday, 19 March 2013 15:06 posted by oka risna

    di tunggu rilisan ny...

  • Comment Link Didit oc Monday, 18 March 2013 21:12 posted by Didit oc

    done, tinggal nunggu hasilnya :D

  • Comment Link Didik Yandiawan Monday, 18 March 2013 18:23 posted by Didik Yandiawan

    usul tambahan:
    1. sebaiknya pada cover kaset/CD/vinyl diberi nomor seri. nomor seri dapat disesuaikan dengan nomor validasi di website. misal 001/500 (untuk CD) dst.

    2. cover format vinyl sebaiknya gatefold.

    terima kasih. semoga sukses.

  • Comment Link Hasbullah Thursday, 14 March 2013 15:54 posted by Hasbullah

    di undur dong bates waktunya sampe awal april :)

  • Comment Link sinyo Thursday, 14 March 2013 14:09 posted by sinyo

    coba aja sampe awal april. mau banget nih punya :(

  • Comment Link Dadit Wednesday, 13 March 2013 22:54 posted by Dadit

    Seandainya aksi ini sampai awal april, pengen banget ikutan :D

  • Comment Link Ridzky Pratama Wednesday, 13 March 2013 00:09 posted by Ridzky Pratama

    nyicil bisa kan ya? asal jumlah totalnya sama gitu haha

  • Comment Link Reiki Nugraha Tuesday, 12 March 2013 07:07 posted by Reiki Nugraha

    Waah keren kaos nya, mau mau mauuu..

  • Comment Link andy kusuma Saturday, 09 March 2013 11:39 posted by andy kusuma

    Terima Kasih Atas Partisipasi ERK untuk datang dan rekaman di lokananta. Tidak disadari Indonesia bermusik sejak tahun 1956, belum lagi sejarah budaya yang masih banyak yang harus digali, seperti gamelan, keroncong dan budaya2 yang lain. Semua arsip lagu daerah dari sabang - merauke ada di Lokananta, karena dilokanantalah master2 itu disimpan untuk digandakan dalam bentuk Vinyl dan disebarluaskan di seluruh RRI di Indonesia, agar semua rakyat Indonesia bisa mendengar budaya yang ada di daerah lain. Kita tinggal menjaga dan melestarikan aset2 agar tidak punah. Bingung??? datang aja kelokananta..Semoga musik Indonesia bisa berjaya di negeri sendiri. #Save Lokananta

  • Comment Link adityow Thursday, 07 March 2013 22:53 posted by adityow

    Adaaa aja ya org macam gitu yang senang dgn "memamerkan" kemampuan berkomentarnya dgn harapan agar menjadi pusat perhatian, hihihi. Udah biarin aja jgn dibales. Fokus sama progress crowdfundingnya saja :) *cheers

  • Comment Link indranugr Wednesday, 06 March 2013 11:22 posted by indranugr

    Done :) semoga terealisasi .amin #SaveLokananta

  • Comment Link Rossi Rahardian Sunday, 03 March 2013 19:25 posted by Rossi Rahardian

    @Prihandi bentuk kaos diatas cuma contoh desain aja. Semua kaos yang nanti dikirim berukuran normal :)

  • Comment Link tumik Thursday, 28 February 2013 23:53 posted by tumik

    Ga sabar nunggu hasilnya :)

  • Comment Link prihandi Thursday, 28 February 2013 15:35 posted by prihandi

    kaosnya kok lengan setengah pendek ?
    :D
    yg lengan pendek normal ada g ya?

  • Comment Link tom york Thursday, 28 February 2013 07:03 posted by tom york

    Yang komentar agak miring secara langsung sudah stalking tentang crowdfunding ini. Jadi big thanks aja deh udah luangin waktu buat ngasih komentar.

    PS: mungkin ybs mau nyari paket download−an tapi naas, paket itu tidak ada.

  • Comment Link Teguh Trisnanto Thursday, 28 February 2013 06:20 posted by Teguh Trisnanto

    Semoga rencananya lancar.

  • Comment Link Teguh Trisnanto Thursday, 28 February 2013 06:19 posted by Teguh Trisnanto

    Semoga rencananya lancar.

  • Comment Link Principe Wednesday, 27 February 2013 15:32 posted by Principe

    @Gonzo

    Boleh minta nomor kontaknya? Mau ngajak stand up comedy. Kamu lucu sekali.

  • Comment Link atb Wednesday, 27 February 2013 14:15 posted by atb

    baaang,,, mbok ada paket yg kaosnya dua, biar saya sama istri bisa sama2 makai :))

  • Comment Link sari Sunday, 24 February 2013 16:30 posted by sari

    please please bgt ,, tgl penutupan nya itu jgn tgl 19 maret ,ATM q msh kosong itu :D
    paling lama tgl 25'n aja .........
    gmna ?
    oke yh :'(

  • Comment Link muhamad sumpena Saturday, 23 February 2013 11:33 posted by muhamad sumpena

    Terserah org berkomentar apa yg penting gw tetp dukung Efek Rumah Kaca / Pandai Besi, sukses buat rekamannya insya اَللّهُ klo ada rejeki gw nyumbang

  • Comment Link widiawan Saturday, 23 February 2013 11:08 posted by widiawan

    semoga dapat berjalan lancar dan sesuai dengan rencana

  • Comment Link redNose Saturday, 23 February 2013 11:06 posted by redNose

    Kebiasaan orang Indonesia, lebih pinter komentar deh. Orang yang aransemen band nya sendiri kok, toh mereka juga yang nanggung. Kalau suka, support, kalau nggak, diem aja, atau kasih saran membangun, gak usah komentar-komentar gak jelas. Gitu aja dibikin repot ah.

  • Comment Link fotodeka Saturday, 23 February 2013 08:50 posted by fotodeka

    cakep banget... :D

  • Comment Link trian Saturday, 23 February 2013 00:48 posted by trian

    Melihat sisi negatif nya tanpa melihat sisi positive nya , Orang bodoh mengatakan semua yang di ketahui nya ,
    Orang pintar mengetahui semua yang di katakan nya , hiraukan nada negatif , succes terus efek rumah kaca ( pandai besi ) , semoga rekaman dan album ㎘ 3 nya cepat kelar , آمِّينَ

  • Comment Link Hasief Friday, 22 February 2013 11:56 posted by Hasief

    "ERK sendiri belum bisa membuktikan kelihaiannya mengaransemen ulang lagunya sendiri. Terbukti aransemen baru lagu "Di Udara" juelek minta ampun. Dan jeleknya lg kegenitan aransemen ulang itu dilakukan pada materi yg seharusnya 'disucikan': Di Udara. Tentang Munir ini bung!!!

    Kalau musisi lain yg menginterpretasi ulang lagu ERK dan terjadi keburukan aransemen, masih bisa dimaafkan. Tapi kalau bandnya sendiri? Hancur minah!"

    Terima kasih atas komedinya.

  • Comment Link Budilarso Friday, 22 February 2013 11:04 posted by Budilarso

    Tunggu gajian minggu depan, langsung dukung Pandai Besi :))

  • Comment Link Lieni Friday, 22 February 2013 09:00 posted by Lieni

    Ah apapun pro & kontra crowdfunding yg penting Pandai Besi bisa bikin Indonesia bangga aja lah :")
    Kami dukung kok....

  • Comment Link Josefine Friday, 22 February 2013 08:50 posted by Josefine

    I will always support you guys with all my heart.

  • Comment Link Januar Thursday, 21 February 2013 17:22 posted by Januar

    Insyaallah turut berpasrtisipasi *nabung dulu* :)

  • Comment Link Didik Yandiawan Thursday, 21 February 2013 10:20 posted by Didik Yandiawan

    daripada berpolemik, mending berkontribusi saja.

  • Comment Link ossi_dias Wednesday, 20 February 2013 13:35 posted by ossi_dias

    Bung @Gonzo yang terhormat, satu hal yang pasti adalah Pandai Besi bukanlah proyek Ambisius.
    Pandai besi dibentuk hanya untuk mengisi kekosongan disela sela penyelesaian album ke-3 ERK.

    Dibentuknya Pandai Besi bertujuan untuk membuka sebuah 'gerbang' musikal baru untuk sedikit memberi 'clue' bahwa album ke-3 ERK nanti tidak akan sama sekali dengan dua album sebelumnya.

    Karena keterbatasan 'skill',tekhnik bermain, dan juga waktu para personilnya , maka dari itu ERK lebih memilih 'menempa' kembali lagu lagu sendiri daripada lagu orang lain, tidak beresiko untuk 'merusak'. Toh, lagu lagu tersebut milik mereka sendiri, segala resiko akan ditanggung oleh mereka sendiri juga. Jadi kenapa anda ikut bingung?

    Melakukan rekaman di Lokananta adalah sebuah pencapaian pribadi para personil ERK untuk bisa
    menggali lagi sisi kreatifitas musikal belaka. Kenapa memilih Lokananta? Ya karena itu studio bersejarah, dengan ruangan dan alat rekam yang
    sebagian besar bersejarah pula.

    'Aura' sejarah yang ada di Lokananta diharapkan bisa memberikan 'energi' baru yang selama ini mereka terus gali dan cari.

    Kalau anda masih belum tahu mengapa Lokananta adalah tempat bersejarah, silahkan Googling saja, atau bisa lihat disini :

    http://rollingstone.co.id/read/2012/10/27/145255/2073969/1100/lokananta-menyelamatkan-musik-indonesia

    atau disini

    http://www.antarafoto.com/foto-cerita/v1351477808/0/lokananta-yang-terdilupakan

    atau disini

    http://www.kaskus.co.id/thread/000000000000000014194117/studio-rekaman-lokananta-romantisme-sejarah-dan-budaya-obat-anti-klaim


    Tentang 'Crowdfunding' saya kira sudah dijelaskan dengan tegas dan lugas oleh bung Pry.

  • Comment Link Zahmarawi Wednesday, 20 February 2013 10:35 posted by Zahmarawi

    Maju terus Efek Rumah Kaca dan Pandai Besi ! Sudah mendengar aransemen Pandai Besi dan suatu hal baru yang segar. Ditunggu hasil rekaman di Lokanantanya.

  • Comment Link Prys Pry Wednesday, 20 February 2013 10:08 posted by Prys Pry

    @Gonzo: kalau yang kamu sebut itu crowdfunding model kickstater, indiegogo, atau patungan[dot]net, ya kamu keliru besar.

    Aturan main platform situs crowdfunding yang rata2 menggunakan Ruby On Rails atau plugin Wordpress berbayar macam itu dibuat kan memang untuk siapa saja bisa signup situs dan membuat project sendiri masing-masing. Dan dari sudut pandang site ownernya, aturan main target project, tenggat waktu, pengembalian dana, dll dibuat tujuannya biar sesama member pembuat project bisa bersaing secara sehat, project2 baru dari member terus bermunculan dan situsnya semakin ramai pengunjung dan pemilik project2 baru. Dari situlah site owner bisa mengambil profit.

    Opini saya, crowdfunding Pandai Besi disini gak bisa disamakan dengan aturan teknis seperti itu. yg coba dibawa disini kan spiritnya, bagaimana teman-teman pendengar/ fans bisa mendukung musisi, dan musisi bisa mendedikasikan karyanya lagi untuk publik seperti yang sudah dilakukan ERk selama ini lewat 2 album rilisan CC mereka. that's it.

    Toh dalam sejarahnya, kamu bisa kok menemukan beberapa musisi dunia yang melakukan hal serupa jauh sebelum platform site (dengan aturan teknisnya tadi) kickstater, indiegogo, atau patungan[dot]net muncul.

  • Comment Link Andi Kurniawn Wednesday, 20 February 2013 06:39 posted by Andi Kurniawn

    @Gonzo berarti anda belum pernah masuk ke Lokananta. Di Lokananta peralatan rekamnya sudah komplit bgt koq, coba maen2 ke sana deh, terbuka koq buat siapa saja.

  • Comment Link gonzo Wednesday, 20 February 2013 01:45 posted by gonzo

    Pandai Besi memakai istilah 'pendanaan oleh khalayak', google ah siapa ya yg pertama pakai istilah ini :)

    Pandai Besi yg tak punya sejarah dan CUMA mutasi dari ERK terlalu ambisius utk menorehkan sejarah di lokananta. Terlalu ambisius! Dan menarik dana khalayak utk proyek memperkosa lagu ERK (oleh personilnya sendiri) adalah absurditas yg ambisius. ERK sendiri belum bisa membuktikan kelihaiannya mengaransemen ulang lagunya sendiri. Terbukti aransemen baru lagu "Di Udara" juelek minta ampun. Dan jeleknya lg kegenitan aransemen ulang itu dilakukan pada materi yg seharusnya 'disucikan': Di Udara. Tentang Munir ini bung!!!

    Kalau musisi lain yg menginterpretasi ulang lagu ERK dan terjadi keburukan aransemen, masih bisa dimaafkan. Tapi kalau bandnya sendiri? Hancur minah!

    Lagipula sejarah macam opo sih yg mau ditorehkan dengan rekaman di studio Lokananta berukuran 14 x 31 itu? Lokananta menyewakan ruangan kosong (tanpa infrastruktur pendukung rekaman), Ruangan kosong! Apakah Pandai Besi akan track dengan pita menggunakan alat lama Lokananta?? Atau track digital dengan memboyong perangkat digital dari luar? Kalau track digital sih rekaman aja di gedung tua lain. Banyak tuh di kota tua jakarta. Gedung yang lebih tua dari Lokananta.

    Crowdfunding ini pun tak sahih karena tak menyebut berapa target proyek. Kalau cuma terkumpul 5 juta, misalnya apa proyek ini tetap jalan? Kalau batal gimana dengan yg sudah transfer? Bagaimana pengembaliannya? Kalau membaca deksripsi proyek, jadwal recording sudah fix. Kalau dana tak cukup Pandai Besi punya exit strategi dong? Berarti punya sumber dana dong? Lah terus kenapa crowdfunding?

    Pahamilah tentang crowdfunding sampai tuntas. Menarik dana khalayak itu menuntut tanggung jawab yg besar. Karena itu ada situs crowdfunding. Crowdfunding bukan sekadar mengumumkan kamu butuh duit dan minta publik membantu dengan iming2 kompensasi. Ada aturannya, terlebih lagi ada etika.

    Saya harap komentar ini lolos moderasi. Anggap saja pertanyaan kritis untuk band yg katanya kritis (maksudnya ERK, bukan Pandai Besi).

    Menjura...

  • Comment Link Riky Adhie Pratama Tuesday, 19 February 2013 17:07 posted by Riky Adhie Pratama

    udah, semoga lancar rekamannya. :D

  • Comment Link Khaerunnisa Fauziah Tuesday, 19 February 2013 16:59 posted by Khaerunnisa Fauziah

    Done :)

  • Comment Link kaje Tuesday, 19 February 2013 10:24 posted by kaje

    desain cover album dan desain T-shirtnya diupload dong.. :D

comments powered by Disqus
Login to post comments